Kopasus : Pasukan Elit Dunia


Penilaiaanya bukanlah berupa alat2 yg canggih melainkan penilaiannya di sesuaikan dengan kemampuan individunya dan inilah hasilnya: posisi pertama di duduki SAS (Inggris), lalu posisi kedua diduduki oleh IDF (ISRAEL), yg menarik ni juragan posisi ketiga diduduki amaKOPASUS (Indonesia)!!!! dan pembawa acaranya mengatakan klo amerika tuh g d pringkat pertama karena amerika sangat bergantung ama alat2 canggihnya bukan krn skill dr tentaranya, beda sama kopasus yg emang minim fasilitas dll tapi dia.

Discovery Channel edisi militer 2008 menyiarkan pasukan elit terbaik dunia. Pasukan-pasukan elit dari seluruh dunia diukur kemampuannya dari performa dan keahliannya (bukan dari teknologi militernya), dimana para ahli dan analis militer dari seluruh dunia diundang untuk memberikan penilaiannya. Berikut adalah 3 teratas:

1.SAS (Inggris)
2.MOSSAD ( Israel)
3.KOPASSUS ( Indonesia)

Mungkin ada yang heran kenapa pasukan elit Amerika tidak termasuk 3 besar. Menurut nara sumber itu dikarenakan mereka sangat bergantung pada peralatan dan perlengkapan militer berteknologi digital. Menurut analis militer lagi, sebuah pasukan elit haruslah memiliki skill individual yang bagus seperti menyerang, bertahan, penyamaran, strategi, ketahanan, gerilya, membuat jebakan, dan lain sebaginya. Dikatakan lagi bahwa satu prajurit Kopassus setara dengan lima orang prajurit biasa.

Fakta tentang Kopassus:
1.Kopassus memenangkan kejuaraan sniper menggunakan senjata buatan Indonesia
2.Kopassus menduduki peringkat ke dua dalam pelaksanaan Strategi Operasi Militer.
3.80% pelatih militer negara-negara di Afrika utara berasal dari Kopassus
4.Pasukan khusus kamboja dilatih sejak lama oleh Kopassus

mungkin ini salah satu sebab ausie takut ma indonesia kali ya

Cerita lengkapnya ada di buku Kopassusnya Ken Conboy. Nih garis besar ceritanya:

Kejadiannya sekitar pertengahan tahun 1980-an. Saat itu pangabnya LB Moerdani kalau tidak salah. Dia udah lama nerima laporan intel kalau OPM sering mendapat pasokan senjata yg diselundupkan dari PNG. Ketika dikonfirmasi ke otoritas PNG, mereka tidak tahu menahu mengenai hal tersebut. Akhirnya Benny memutuskan untuk mengambil langkah sendiri untuk mengidentifikasi siapa/negara mana yang bermain. Caranya? ya langsung masuk ke wilayah PNG tanpa permisi

Yang ketiban untuk melaksanakan tugas ini adalah Den 81 yang saat itu dipimpin oleh prabowo. Sasaran mereka adalah suatu lokasi di wilayah PNG, sekitar 50 km dari tapal batas perbatasan dengan Indonesia. Pasukan ini berangkat dari Jayapura naik heli, kemudian sampai di suatu tempat dan melanjutkan misi dengan perahu karet agar tidak terdeteksi otoritas PNG.

Perjalanan dengan perau karet menuju lokasi sasaran terhadang oleh besarnya ombak (dini hari) di perairan sebelah utara PNG. Seorang anggota Kopassus sampai terluka cukup parah untuk mempertahankan perahu dari terjangan ombak. Akhirnya mereka berhasil sampai di titik pendaratan, dan langsung bergerak menuju lokasi sasaran.

Setiba di lokasi, unit kopassus ini segera mencari tempat-tempat yang dicurigai sebagai lokasi penimbunan pasokan senjata. Namun hasilnya nihil. Tapi mereka tidak menyerah. Setelah menunggu selama dua hari dua malam, akhirnya mangsa mereka muncul. Dua orang kulit putih muncul dari balik rimbunnya hutan PNG, melintasi posisi pasukan kopassus yag sama sekali tidak mereka rasakan keberadaannya.

Segera kedua orang ini diamankan. Setelah diperiksa dan diinterogasi, keduanya diketahui sebagai agen Australia. Mereka kemudian menunjukkan lokasi tempat helikopter Australia mengedrop pasokan senajata dan amunisi untuk OPM. Sayang, karena persediaan menipis, Kopassus tidak punya waktu untuk menunggu sampai terjadinya pengedropan tersebut.

Kedua bule itu dibawa kembali ke Indonesia. Dan beberapa bulan kemudian diekstradisi ke Australia. Sejak saat itu, Australia tidak berani bertindak macam-macam lagi (mungkin karena malu ketahuan). Mereka juga baru sadar kalau kopassus mampu melakukan operasi jauh di dalam wilayah musuh. Bahkan tidak menutup kemungkinan kopassus bisa beroperasi di pedalaman Australia tanpa terdeteksi. Inilah yang kemudian membuat nama Kopassus sangat disegani oleh tentara Aussie.

About these ads

49 Comments

  1. Dani said,

    December 10, 2009 at 10:44 am

    Two Thumbs Up !!!!!

  2. toink said,

    January 17, 2010 at 3:39 pm

    waw

    nice infooo

  3. Lepanx said,

    February 6, 2010 at 4:12 pm

    I Love U INdonesia because you COPASUS

  4. zac kie said,

    March 3, 2010 at 10:21 am

    SALUT,,, biar tau rasa…

    jangan selalu memandang Bangsa kita lemah,,, go kopassus…

  5. Orang Aneh said,

    June 5, 2010 at 2:32 am

    keren.. salut ma makin bangga ma Indonesia :D

  6. dimas fauzan said,

    June 6, 2010 at 3:30 pm

    maju truz KOPASUS INDONASIA bangsa kita yg kita cintai

  7. muse(resistance) said,

    June 24, 2010 at 9:32 am

    ya donk hahha,,,bangga jg nih ane,,,jdi pengen ikut abdi negara,,,

  8. agus singgih said,

    June 27, 2010 at 12:19 pm

    okey bget,bangga euy….

  9. aung said,

    July 7, 2010 at 4:43 am

    Kenapa kita punya Pasukan hebat tidak di mediakan biar tahu bahwa Bangsa Indonesia tidak bisa diremehkan dg bangsa lainnya, Hidup KOPASUS

  10. adamo said,

    July 31, 2010 at 4:00 am

    KOPASSUS salute …

  11. dianrisdianti said,

    August 3, 2010 at 5:47 pm

    gogogo kopasuss

  12. hadak said,

    August 12, 2010 at 3:55 am

    sebagai rakyat indonesia sangatlah bangga yang mampu memiliki kekuatan pertahanan dan para prajurit yang profesional bahkan rela mati untuk menjaga kedaulatan bangsa ini Bravo TNI kopasus

  13. hadak said,

    August 12, 2010 at 3:59 am

    ayo kopasus maju terus ungguli kehebatanmu dari tentara super pawer aku bangga denganmu kopasus !

  14. Hendra said,

    August 12, 2010 at 4:31 am

    Bangga ma tentara Indonesia. Semoga aja politic di Indonesia bisa sama membanggakannya. Ga cuma korupsi dan saling serang satu sama yang lain

  15. ayul said,

    August 12, 2010 at 8:05 am

    jaya teruss kopassus….dan jaya terus indonesiaku!!!!

  16. bubu said,

    August 18, 2010 at 8:57 am

    Komando Pasukan Khusus

  17. brigademetal said,

    August 24, 2010 at 4:42 am

    hebat kopassus…!!!! salut

  18. herman said,

    September 8, 2010 at 2:08 am

    kalo benar2 hebat masa perang dengan Acheh aja sampe 29 tahun. Untung ada Tsunami, kalo nggak sampe sekarang masih perang.

  19. Papaw Aqila said,

    September 8, 2010 at 5:42 am

    Salam komando

  20. Rully kushardiyanto said,

    September 22, 2010 at 3:27 pm

    I love KOPASSUS

  21. indra said,

    September 28, 2010 at 5:58 am

    ini sangat hebaaaaaat….. sungguh membanggakan, maju terus yah….

  22. Achsan said,

    October 13, 2010 at 9:21 am

    aku sangat bangga dg Kopasus..Patria o` muerte…………

  23. Asiana said,

    November 8, 2010 at 5:06 am

    Kita hrs sadar kekuatan NKRI sekarang dilemahkan oleh bangsa sendiri yang dikendalikan oleh orang luar. INGATLAH… kalau kekuatan TNI kita lemah akan banyak masalah dalam negri. Jangan mau diperalat negara luar… untuk kepentingan pribadi. JAYALAH TNI JAYALAH PASUKAN ELIT INDONESIA…

  24. hendry herdiana said,

    November 19, 2010 at 6:23 am

    K O M A N D O!!!!!!

  25. wong yatwa said,

    November 22, 2010 at 4:29 pm

    Aku sangat salut buat KOPASSUS !!! The 3rd best army in the world…
    Bravo KOPASSUS….

  26. Didin said,

    November 27, 2010 at 5:09 am

    Menurutqu Pasukan elit memang itu tidak boleh di beritakan di media massa supaya kerahasiaan kemampuannya terjaga…

  27. dadang said,

    December 23, 2010 at 6:03 am

    ngak yakin gue…….senjatanya…aja udah pada karatan….ama malaysia aja….kendor….. malu-maluin….

  28. musaddad tanjung said,

    February 2, 2011 at 2:52 am

    @DANDANG : KLO DI MALAYSIA TIDAK BANYAK TKI CERITANYA MUNGKIN AKAN LAIN……….

  29. bayu said,

    March 6, 2011 at 12:06 pm

    ayok peranglawan malaysia
    gw bntu smpai pnghabisann

    gw benci malaysia
    kya anjinggggggggggggggggggggggg
    malaysia gk modal
    bisa nha ngerbt hak negara lain ……………

  30. ryan said,

    March 17, 2011 at 10:40 am

    infox sangat menarik. saya tambah bangga menjadi orang INDONESIA
    GBU…!

  31. Hayu Noerita said,

    March 18, 2011 at 1:07 am

    hurray… akhirnya ada jugag yg bikin indonesia disegani…

  32. kukuh said,

    May 27, 2011 at 11:04 am

    salut

    beginilah seharus nya INDONESIA

  33. mefer swift the general said,

    August 29, 2011 at 1:37 pm

    hebaaaat . semoga kemampuannya tidak disalah gunakan oleh org org ” tertentu “

  34. December 8, 2011 at 1:27 pm

    Bangga… :)

  35. December 28, 2011 at 10:55 am

    BARU JEMPOL GAN,,,,,,,,,,,,

  36. CANDRA said,

    February 13, 2012 at 10:00 am

    NEEH BARU NAMANYA PASUKAN ELITE , SEMOGA TETAP JAYA…?

  37. RADHYTIA said,

    March 1, 2012 at 7:22 pm

    KALAU AJA ADA OLAH RAGA DENGAN BIDANG TENTARA ELITE PASTI INDONESIA BISA MENANG GITU EXELENT TO KOPASSUS….

  38. dimas fauzan said,

    March 7, 2012 at 11:50 pm

    KOPASUS yg terbaik di dunia.

  39. yudha said,

    March 9, 2012 at 2:36 pm

    aq udh lama percaya kopasus…. top

  40. arfan said,

    March 9, 2012 at 2:38 pm

    RESPECT KOPASUS…..
    ANDA RAGU-RAGU PULANG SEKARANG JUGA…

  41. Abduh said,

    June 12, 2012 at 1:28 pm

    untung masih ada KOPASSUS Indonesia masih jaya dibandingkan POLITIKUS kaya TIKUSSSSSS kalian semua berani cuma di Ruang DPR dan Ngacak ngacak negri sendiri jijikkkk gueeeee

  42. sigit waluyo said,

    June 13, 2012 at 3:14 pm

    kopasuss emang is the best

  43. pio said,

    June 30, 2012 at 1:31 am

    viva forever Kopassus, Good Luck

  44. widy supriyadi said,

    July 28, 2012 at 10:33 am

    aku bangga dg KOPASUS sejak bernama RPKAD

  45. adiz said,

    August 9, 2012 at 12:42 pm

    huh,, hebat bgt kopassus NKRI

  46. dzaky said,

    October 1, 2012 at 9:21 am

    bener gan emang hebat, cuma indonesia dikotori oleh koruptor ma politisi busuk, doain TNI tetep netral cuma buat rakyat,jangan ky polisi sekarang ya gan. menanggapi komen mas dadang@ :bener kalo gak inget tki kita banyak di malaysia mungkin kopassus dah melibas semuanya, perlu agan2 ngerti ya sebenernya penduduk kedua negri ini adem ayem, hal2 tersebut terjadi karena politisir dari barat(israel &as) dimanapun di belahan bumi ini ada konflik dibalik itu smua dua negara itu yang menjadi dalangnya.
    pengin tau lebih banyak hebatnya tentara kita walo dengan senjata minim kunjungi blog http://militerindonesia.com kalo gak salh link,
    jangab mengejek kita ga bisa bikin senjata canggih,ato ga mampu beli ,harusnya bisa tapi pemerintsh kita kena penyakit yang ditebar dua negar biang onar dunia.karena mereka tau kalo nyerang indonesia secara langsung walo israel gabung ma usa ga bakal mampu menang.makanya mental pejabatnya dikuasai dulu.gitu kira2 gan

  47. nurdin said,

    December 10, 2012 at 11:21 pm

    jga kedaulatan NKRI,jgn sampai dcuri n d`lecehkn negara lain..

  48. hezrweeeh said,

    December 15, 2012 at 10:01 pm

    sayang sebagian orang gatau kalo militer & elite force kita hebat, dan masih menganggap negaranya sendiri buruk


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: