AC Berdaya Listrik Rendah ??


AC low wattage bisa digunakan di rumah dengan daya listrik 900 watt dan lebih hemat biaya operasionalnya.

Pemakaian penyejuk udara (air conditioner/AC) di Indonesia masih terbatas. Dari 100 keluarga diperkirakan baru tujuh yang menggunakan AC. Penyebabnya, selain harganya masih cukup mahal, konsumsi listriknya juga tinggi. AC berkapasitas 1 PK saja tarikan listrik pertamanya rata-rata 800 watt. Padahal tidak semua rumah memiliki daya listrik besar.

Belakangan produsen AC mencoba mengatasi kendala itu dengan melansir AC low wattage alias AC berdaya listrik rendah. Yang melansirnya antara lain Sharp, Panasonic, dan Samsung. Konsumsi listrik AC low wattage hanya separuh dari AC biasa. Konsumsi AC Sharp misalnya, hanya 330 watt, Samsung 390 watt, dan Panasonic bisa sampai 175 watt.

Supaya konsumsi listriknya rendah, AC-AC itu dilengkapi teknologi yang disebut inverter. Yakni sejenis sirkuit konversi daya untuk mengontrol arus listrik, voltase, dan frekwensi sebuah alat. “Inventer mampu mengontrol kekuatan pendinginan,” kata Togar R. Lumbantoruan, Home Appliances Manager PT Panasonic Gobel Indonesia.

Contohnya AC Panasonic CS-S12GKP. AC tipe ini jika dinyalakan dan sudah mencapai suhu yang diinginkan tidak langsung mati. Berbeda dengan AC noninverter, AC akan mati jika suhu ruangan sudah dingin dan hidup lagi ketika ruangan berkurang tingkat kesejukannya.

AC low wattage dari Panasonic kebutuhan listriknya 175 watt – 1140 watt. Ketika AC bekerja untuk mencapai suhu yang diinginkan konsumsi listriknya besar. Begitu suhu tersebut tercapai, konsumsi listriknya akan turun. “Putaran motor dalam AC akan berangsur pelan menyesuaikan dengan suhu ruangan sehingga energi yang dibutuhkan sedikit,” jelasnya.

Mirip inverter

Samsung low wattage tidak menggunakan inverter tapi hanya mengadopsi teknologi mirip inverter yang dinamakan good mode sleep. AC ini mampu menjaga temperatur ruangan lebih stabil, suhu tidak naik atau turun mendadak. “Tidur bisa pulas karena orang tidak merasakan kepanasan atau kedinginan,” terang Christien Yulianti, Product Marketer CE Product PT Samsung Electronic Indonesia. Karena itu AC ini cocok untuk orang yang pola tidurnya bermasalah karena suhu ruangan.

Untuk rumah dengan daya listrik hanya 900 watt silakan menggunakan Sharp Sayonara Panas yang hanya butuh listrik 330 – 130 watt. Sayonara bisa beroperasi dalam tegangan rendah dengan mengandalkan kapasitor mirip inverter guna menampung listrik. Bila tegangan turun, AC memanfaatkan listrik di dalam kapasitor.

Sharp mengeluarkan dua tipe low wattage, AP5HHL dan AH-AP5HML. Sama seperti produk AC Sharp lain, Sayonara Panas dilengkapi plasmacluster generasi keenam yang daya hembusnya diklaim 15 kali lebih kuat. Tipe pertama dilengkapi air purifying filter dan 4 way auto air swing yang memungkinkan angin menyebar ke atas, bawah, kiri dan kanan. “AC ini cocok untuk rumah dengan daya listrik 900 watt, tidak perlu menambah daya lagi,” ujar Hendy Setiawan Product Assistant Manager PT Sharp Electronics. Amalia M Roozanty

Seberapa Hemat Sih?

AC low wattage diklaim bisa menghemat biaya 30-50 persen dibanding AC biasa. Begini contoh perhitungannya. AC inverter (besaran kecepatan pendingin) 4275 kwh/hari x 30 hari x Rp500/kwh = Rp63.113 perbulan. Sementara AC noninverter atau AC biasa, 8941 kwh/hari x 30 hari x Rp500/kwh = Rp134.123 per bulan. Ada selisih Rp71.010 per bulan atau lebih hemat biaya 52 persen.

Tapi menurut Togar, dalam setahun besaran rupiah yang dikeluarkan untuk kedua jenis AC itu sebenarnya sama saja. AC inverter lebih irit biaya operasional, tapi harga belinya lebih mahal dibanding AC noninverter. Misalnya, Sayonara Panas ukuran ½ PK dibanderol Rp3,1 juta – Rp3,5 juta/unit. “Sebandinglah dengan value added yang ditawarkan,” tambah Hendry.

Selain teknologi mutakhir seperti inverter, untuk mengetahui sebuah AC hemat energi atau tidak, lihat satuan EER (energy eficiency ratio)-nya. EER adalah perbandingan antara kecepatan pendinginan atau BTU (british thermal units) dan daya listrik yang digunakan. Misalnya, BTU AC 1 PK sebesar 9040 : 800 watt akan menghasilkan EER 11,3. Makin tinggi angka EER berarti makin kecil energi yang digunakan alias hemat energi.

Menurut Christien, EER 11 sudah tergolong hemat energi dan efisien. Ia mengakui kebanyakan konsumen kurang memperhatikan soal ini. Biasanya yang ditanyakan hanya besaran watt-nya. “Padahal dengan watt kecil pendinginan belum tentu maksimal,” katanya.

Karena itu kalau malas bertanya, perhatikan spesifikasi produk yang tertera di brosur. Lihat berapa BTU-nya, ukuran, fitur, dan keunggulan lain. Pada AC berukuran ½ PK misalnya, jumlah BTU yang seharusnya 5000 sering dikurangi menjadi 4500 sehingga menjadi tidak efisien. Cara lain pilih AC yang sudah populer dan banyak dipakai karena biasanya spesifikasinya lebih baik.

copas http://www.housing-estate.com
About these ads

45 Comments

  1. sarah said,

    April 13, 2011 at 2:22 am

    Sebelumnya, terima kasih banyak Bp. Andriansyah untuk sharing infonya.

    Ada yang ingin saya tanyakan. Sebelumnya ada tertulis :
    -Makin tinggi angka EER berarti makin kecil energi yang digunakan alias hemat energi.
    -EER 11 sudah tergolong hemat energi dan efisien.
    -Pada AC berukuran ½ PK misalnya, jumlah BTU yang seharusnya 5000 sering dikurangi menjadi 4500 sehingga menjadi tidak efisien.

    Ini kebetulan saya lagi lihat spec. LG Hercules Mini (1/2pk), di mana tertera
    mempunyai 4600 btu & EER nya 17.7.

    Maaf, saya sama sekali awam. Jadinya saya bingung. Satu sisi seharusnna utk 1/2pk mempunyai 5000btu (sedangkan specnya cuma ada 4600/ tdk efisien). Tapi satu sisi lain, EERnya 17.7 (dia
    atas 11, yang berarti hemat energi & efisien).

    Jadi apakah ini termasuk hemat energi & efisien atau tidak?

    Terima Kasih sebelumnya.

    • aan said,

      April 13, 2011 at 7:51 am

      maaf ya Pak.. saya coba jawab.. kl tidak puas saya mohon inputnya..

      jadi begini..

      EER = cepatnya pendinginan (BTU) / listrik yg dipakai (watt)

      EER ini merupakan ratio, semakin tinggi EER, semakin lambat pendinginan. Hal ini jg bergantung dari watt yg dipakai. Faktor dominan mn yg dipilih produsen nantinya.

      Saya jg lihat. EER utk LG Hercules Mini 4600btu/260 watt = 17.6 (steady state)

      Analogi saya: AC ini hemat energi tetapi daya pendinginan dari AC itu sendiri lebih lambat. Saya jg pake LG Terminator (EER=13) drmh, saya jg merasakan kok dinginnya lama.. jadi spesifikasi dari dua faktor (BTU dan watt) yg di “mainkan” oleh produsen AC.. mau hemat tp dinginnya nunggu.. mau cepet dingin, boros bayar listriknya..

      mohon ditanggapi.. :D

  2. sarah said,

    April 13, 2011 at 7:03 pm

    Terima Kasih sebelumnya Bpk. Aan buat tanggapannya.

    Kalau boleh tau, seberapa lama ya nunggu dinginnya ?

  3. aan said,

    April 15, 2011 at 10:18 am

    maaf nih.. ni jd jawab berdasarkan pengalaman.. lamanya sih gk ampe lama bgt.. kl drmh sih jelas beda.. kl pk AC yg EER nya tinggi jeda antara fan sm dinginnya dateng ya kira2 3-5 menit.. coba kl AC dkantor yg wattnya gede2 itu.. setelah nyala.. fan nyala begitu jg dinginnya langsung dateng..

  4. andika said,

    July 7, 2011 at 1:52 am

    aku mau pilih² ac jd bingung enaknya merk apa??? daya rmh cm 900watt..

    saran donk, biar cpt dingin dan tidak boros listrik :D

    • aan said,

      July 11, 2011 at 1:03 pm

      banyak sih bos pilihan.. tp coba cek dulu tegangan rmh y.. takutnya kita udah beli ac ekh tegangan drmh kurang.. malah cepet rusak jdnya..

      • Mrs. Adjie said,

        April 5, 2012 at 9:21 pm

        Klo daya listrik di rumah 900watt sdh pasang satu ac daya 320watt trs klo mau pasang ac satu lagi kira2 kuat gak daya listriknya n cocoknya ac apa,, trims..

  5. relly said,

    July 14, 2011 at 6:00 pm

    bagus infonya, saya dpt gambaran. kebetulan juga lg bingung pilih ac nih, naksirnya sama lg hercules mini (krn iklannya kalee). masalah dinginnya agak lama gak papa yg penting bisa hemat, yg jd masalahnya di rmh daya 900 watt tp tegangan gak sampai 220, mohon tanggapan dan saran serta produk apa yg kira2 cocok. trimakasih.

  6. relly said,

    July 19, 2011 at 8:04 am

    lg hercules mini bisa gak nyala pd daya 900w dan tegangan antara 150 – 170 volt, gak sampai 220 volt? produk lain yg cocok utk situasi ini?

    • aan said,

      October 17, 2011 at 10:04 am

      tmn gw kmrn malah gk nyala.. tegangan komplek skitar 170an kl jam 17.00 – 22.00

  7. September 17, 2011 at 8:52 pm

    mohon saran donk, lbh bagus mana AC LG hercules ato AC sharp?? sy lg butuh yg 1/2 pk aj

    • aan said,

      October 17, 2011 at 10:05 am

      mnrt saya sih mending sharp bu.. lbh bandel pengalaman saya sih..

  8. dian said,

    October 13, 2011 at 3:29 pm

    sebelumnya rerima kasih untuk infonya
    saya mempunyai panasonic inverter econavi, tapi kok setiap di lanyakan listriknya langsung mati ya padahal listrik d rumah 900 watt… mohon infonya thanks

    • aan said,

      October 17, 2011 at 10:07 am

      Coba matiin dulu alat listrik lain pas nyalain ac nya.. tunggu dia stabil.. baru nyalain.. (misal tv, kulkas, dan alat listrik yg memiliki elemen pemanas atw motor)

      • yendra said,

        November 8, 2011 at 4:24 pm

        mohon saran,
        tegangan listrik dirumahku rendah, AC apa yg sesuai dgn voltase rendah dan hemat listrik tentunya, Aku membutuhkan yg stgh PK,

      • aan said,

        November 11, 2011 at 8:10 am

        coba pilih yg ada inverternya gan.. pengalaman saya sih coba pk sharp lebih stabil kok dibanding LG pd tegangan rumah yg kurang stabil (rumah saya 170-180 volt)

  9. yen anerson said,

    November 8, 2011 at 3:31 am

    mohon saranya , listrik dirumah saya tegangan voltasenya rendah, dan cenderung rendah banget,
    AC apa yg bs saya pergunakan? sdgkan saya Lg hercules mini, lg neo plasma,panasonic alowa, 1/2 PK, adakah salah satu dari AC ini yg cocok tuk keadaan dirumah saya?

  10. yen anerson said,

    November 8, 2011 at 5:46 pm

    mohon sarannya, dirumah sy listrik gak stabil, sering turun voltasenya. ac apa yg sesuai dgn keadaan, dan hemat energi tentunya ?
    Sy lbh tertarik dgn Lg hercules mini, lg plasma, panasonic alowa, sharf sayonara panas.., adakah yg cocok dri salah satu ac yg tersebut?
    Sblmnya sy ucapkan terimakasih…

    • aan said,

      November 11, 2011 at 8:12 am

      hemat energi sih relatif.. konsumsi daya rendah tapi dinginnya lama.. ya berbanding lurus deh.. tp pengalaman saya coba pk sharp atau panasonic gan..

  11. lyly said,

    November 28, 2011 at 7:42 am

    mana bagus klu panasonic ama sharp?bandelnya jg..klu tegangan dirmh dkt gardu listrik jd g turun2 bgt klu mlm

  12. agung said,

    December 2, 2011 at 9:04 pm

    Bingung Pilih ac 1/2Pk ni bos bagusan mana Lg hercules2 .310wat dengan Sharp Sayonara panas 5 vseries 330 watt 12hours time /24Ht

  13. dantiktok said,

    December 8, 2011 at 3:52 pm

    saya jg lg bingung cari ac, bisa dishare bagus ga ya tcl 1,2 pk lowwat?
    dri kemarin diuber2 salesnya.

  14. dantiktok said,

    December 8, 2011 at 3:56 pm

    share 1 lg, daya watt yg dibutuhkan ac itu untuk perangkat indoor sama outdoor sendiri2 apa jd satu. mis lg hercules mini butuh daya 260w, trs untuk daya piranti outdoornya? mohon penjelasanya

  15. fm123123 said,

    December 12, 2011 at 10:09 pm

    dear all, bgs ac samsung. ada volt.control, stabilizer yg sudah terpasang pd unitnya. ok

  16. fm123123 said,

    December 12, 2011 at 10:21 pm

    volt. control SAMSUNG 2011,berguna untuk menstabilkan tegangan naik dari 290v atau turun menjadi 130v. kompresornya utr plus beda dgn merk lain berjenis recipro. Bisa di cek kalau kompresornya samsung bisa lebih cepat mendinginkan ruangan walaupun suhu ekstrem sprti di saudi arabia berkisar 54°c. udah dapat Sertifikat juga dr saudi arabia. saya sarankan jangan termakan iklan yg ga bertanggung jawab. tx

  17. Eddy said,

    December 26, 2011 at 10:45 am

    jadi pak … recommended AC merek dan type apa yg paling super hemat. Daya dirumah saya 2200 watt, sdh ada dua buah AC masing2 berdaya 0.75 dan 0.50 PK, rencana mau tambah satu lagi, mohon sarannya.

  18. adie said,

    January 29, 2012 at 11:13 pm

    mohon infonya nih….dari semua merk apalagi sekrang dgn teknologi inverter merk apa yang paling bagus (ketahanan, bandel)…???

  19. Mrs. Adjie said,

    April 5, 2012 at 9:25 pm

    Daya listrik di rumah 900watt sdh pasang ac dengan daya 320 watt, trs mau pasang satu lagi, kira2 kuat gak daya listriknya, trus cocoknya masang ac apa ya??? trims..

  20. Rendo said,

    June 25, 2012 at 4:16 pm

    Rumah sy berdaya 1300 tapi voltase suka naik turun hingga mencapai 170 volt. Jadi AC apa yg cocok buat voltase dirumah sy. Trim’s

  21. Puti said,

    September 9, 2012 at 12:29 am

    AC merk Gree bagus g ? katanya dinginnya lebih cepat. Mohon info dan pengalamannya !

  22. andez said,

    September 11, 2012 at 7:22 pm

    jd yg bagus ac ap hemat listrik’a dingin’a cukup untuk 1/2 pk watt 900 tks

  23. ari said,

    September 21, 2012 at 9:34 pm

    Panasonic lebih halus suaranya dbandingkan merk lain. dan wattnya seperti kita pakai setrika pakaian aja… lebih kurang 300 watt

  24. dadiyono said,

    September 26, 2012 at 8:57 pm

    saya mau beli inventer daya 1 hp, 3 phasse, type CHF 100A – 1R5G-S2, Tolong informasi alamat, dan harga.

  25. yuanita said,

    September 28, 2012 at 8:53 am

    Trus solusinya apa nih untuk AC 1/2 PK…..Banyak yang tanya….banyak yang jawab…tapi kok ga nemu titik akhirnya untuk AC yang bagus, hemat energi, tahan lama, murah & Bla..bla…bla…

  26. adie said,

    October 12, 2012 at 11:30 am

    mohon informasinya,kl untuk lg hercules mini 260 watt apakah bisa kita pakai di rumah yang wattnya hanya 450 watt?soalnya dikontrakan saya cuma 450 watt,,,hiksss……..

  27. Herry Sani said,

    April 26, 2013 at 6:34 am

    Saya Mau Beli Ac Tapi Bingung Yang Watt Rendah Karna Tegangan Di Rumah Cuman 900 watt,
    Perbandingan Pemakaian Listrik Antara Ac Lg Hercules Mini 1/2 pk Dengan Ac Sharp Sayonara Panas 1/2 pk.
    Mohon Petunjuknya…
    Sebelumnya Terima Kasih..

  28. Herry Sani said,

    April 26, 2013 at 6:35 am

    Saya Mau Beli Ac Tapi Bingung Yang Watt Rendah Karna Tegangan Di Rumah Cuman 900 watt,
    Perbandingan Pemakaian Listrik Antara Ac Lg Hercules Mini 1/2 pk Dengan Ac Sharp Sayonara Panas 1/2 pk.
    Mohon Petunjuknya…
    Sebelumnya Terima Kasih.

  29. Jiwolev said,

    June 8, 2013 at 2:52 pm

    Bpk Ardiansyah,
    Mohon berikan saya 1 merek referensi Bapak untuk AC low voltage, karena listrik rumah saya hanya 900 watt, yg menurut Bapak cocok. Untuk barang-barang elektronik, di rumah saya ada Kulkas, LCD TV 32″ dan Rice coocker kecil (Maaf saya kurang tau masing-masing besaran watt nya). Yg terpenting ketika AC itu menyala (alat” elektronik lain terpaksa harus di matikan) listrik rumah saya tidak turun itu sudah cukup. Terima kasih.

  30. ahmad patonah said,

    June 27, 2013 at 7:50 am

    bingung nih mau pilih ac 1/2 pk, antara sharp atau panasonic ?

  31. ken said,

    August 19, 2013 at 11:00 am

    yang pasti pake LG Hercules mina aja bu dari pada enatar listriknya turun mulu yg pentingkan dingiiin , watt nya rendag listrik cuma 900 w tidak masalh kan….

  32. Budi said,

    September 1, 2013 at 7:25 pm

    Bpk Andriansyah, saya ingin bertanya, di rumah saya listrik tidak stabil, waktu tukang service datang disarankan tuk beli stabilizer yang 1300, nah yg saya bingung stabilizer itu harusnya seperti apa yang buat 1/2 pk daya 350 watt, karena di stabilzer hanya ada tulisan 500v. mohon sarannya, sebagai informasi di rumah saya daya 1300 watt

  33. setiawan said,

    September 12, 2013 at 2:48 pm

    mohon koreksi, jadi beda nya lowat sama inverter apa menurut anda ?

  34. Boby said,

    September 13, 2013 at 2:56 pm

    Met siang pak, mau tanya nih, sy baru pasang ac 1/2 pk merk polytron, tp dinginnya lama ya, dan ga max, kata tukang ac nya voltase ny 180 dan hrs beli stabilizer. Apa benar? Trims bgt.

  35. jeffry said,

    September 29, 2013 at 7:13 pm

    Mas saya maw tanya listrik ϑï kontrakan saya 1300watt sedangkan AC sya ukuran 1pk tp kenapa listriknya turun trs Ɣå媪 mas?sy mnta solusinya mas

  36. marlee said,

    April 22, 2014 at 3:32 pm

    Perhitungkan juga luas ruangan, teknis pemasangan indoor outdoor, aktivitas buka-tutup pintu ruangan krn sangat mempengaruhi HEMAT tidaknya, dan negara vendor produsen
    – AC hanya 4500 btu bisa sangat boros jika ruangannya besar atau melebihi kebutuhan btu
    – Pemasangan jarak indoor – outdoor jangan tlalu jauh, indoor harus lbh tinggi dr outdoor supaya oli outdoor gak ke indoor, indoor jgn tlalu rapat dgn plafon juga
    – AC inverter tidak cocok utk perkantoran, restoran dsb yg aktifitasnya sering buka tutup ruangan
    – Vendor sangat mempengaruhi QA (Quality Assurance) nya, ini hoki-hokian klo kebetulan dapet barang yg gak cacat

    makin bingung kan??? tanya jawab solusi pilih mana silahkan email ke maxicayang@yahoo.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: